Profil JPAC

Website ini hadir dihadapan anda untuk memberikan informasi keberadaan salah satu unit pelaksana teknis yang ada di POLBAN yang sekarang bernama unit Hubungan Industri, alumni, dan Job Placement and Assesment Centre yang diharapkan dapat lebih berperan sebagai simpul interaktif POLBAN dalam menjalin hubungan dengan dunia industri dan alumni, untuk mendapatkan peluang kerjasama yang saling menguntungkan antara POLBAN sebagai Vocation Education dengan industri baik tingkat regional, nasional, dan global.

 

Pusat Karir atau Job Placement and Assessment Centre POLBAN memiliki tujuan untuk mempersiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia profesional, yang memiliki karakter berkualitas dan wawasan karir yang menunjang, sehingga mampu berkiprah di dunia kerja baik lokal maupun global. JPAC yang resmi beroperasi Pebruari 2004 ini berperan dalam pembinaan dan membekali mahasiswa tentang karir mulai dari awal kuliah hingga lulus kuliah.

 

JPAC mencoba untuk memfokuskan layanan pada preparing, coaching dan connecting. Ide dari fokus layanan adalah bagaimana seseorang mempunyai pemahaman tentang sadar karir ( career awareness) dan perencanaan karir (career planning) sejak dini. Sehingga saat mereka duduk di bangku kuliah, mereka bisa benar-benar membekali diri dengan keterampilan-keterampilan maupun wawasan sesuai dengan rencana karirnya.

 

Dalam menjalankan roda pelayanan, JPAC saat ini memiliki kerjasama dengan banyak perusahaan di Indonesia. Disamping dengan perusahaan, unit yang memiliki moto layanan "Competence Competitive and Confidence" ini juga berusaha menjalin kerjasama dengan unit layanan karir dari perguruan tinggi lain.

 

Layanan JPAC juga bukan hanya untuk mahasiswa POLBAN saja, mahasiswa dari perguruan tinggi lain dan masyarakat umum pun dapat memanfaatkan pula. Memang ada beberapa perusahaan yang memberi persyaratan pelamar harus lulusan POLBAN atau universitas tertentu. Untuk lowongan yang demikian, tentunya hanya akan di informasikan kepada lulusan POLBAN atau universitas tertentu tersebut. Tetapi selebihnya tetap terbuka untuk umum.

 

Keberadaan Pusat Karir ini tentunya sangat berguna bagi mahasiswa dan Alumni POLBAN. Melalui JPAC yang berada di gedung P2T lantai 3, mereka dapat berlatih untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Banyak program yang mendukung mahasiswa dalam rangka pembinaan karir mereka. Mahasiswa dapat mengikuti seminar dan pelatihan keterampilan kerja. JPAC juga telah menyusun kurikulum khusus pembinaan karir dalam mempersiapkan diri untuk mampu terjun ke dunia kerja dengan baik.

 

Semoga website ini bermanfaat bagi kita semua dalam usaha mensejahterakan masyarakat dan kehidupan bangsa